Pages

Subscribe:

Kamis, 03 November 2011

Obor SEA Games XXVI tiba di Bumi Kaltim













Api Obor South East Asian (SEA) Games XXVI kemarin tiba di Kaltim dan diarak di Balikpapan dan Samarinda. Rombongan pembawa obor tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan dari Makassar. Obor diserahkan Arif Taufan, Duta Obor Sulawesi Selatan yang diserahkan kepada Ketua KONI Balikpapan Roy Nirwan.

Kaltim adalah provinsi keenam yang dilintasi oleh obor ini setelah start dari DI Yogyakarta pada 23 Oktober lalu setelah disulut apinya di sumber api abadi di Mrapen, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Obor lalu beranjak ke Jateng, NTT, Papua dan Sulawesi Selatan. Setelah tiba di Kaltim, obor akan dibawa pada hari ini ke Jakarta, lalu finish di Palembang untuk disulut di kuldron Stadion Jakabring Palembang pada pembukaan SEA Games 11 November.

Begitu sampai di tangan Roy Nirwan, obor dibawa menggunakan mobil ke kawasan Balikpapan Permai yang berjarak tujuh kilometer. Dari situ obor diserahkan oleh Roy ke Latifah (19), atlet marching band SMA Patra Dharma Balikpapan yang dikawal oleh 15 pengiring, sebagai tim pertama. Obor lalu diarak berlari.
Satu kilometer kemudian tepatnya di depan Mal Balcony, tim pertama menyerahkan obor kepada tim kedua yang bertugas mengarak obor sejauh satu kilometer ke Balaikota Balikpapan sebagai titik finish.

Obor lalu diterima oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendy yang lalu menyerahkannya kepada atlet basket dari SMA 4 Samarinda, Ade Septiani Rahayu. Ade kemudian naik ke mobil untuk membawa obor ini ke Samarinda bersama rombongan.
“Tidak semua daerah mendapat kesempatan ini. Kita harus bangga dan memberikan semangat juang kepada atlet Merah Putih untuk mencapai kemenangan,” kata Rizal.
Kaltim sendiri dalam SEA Games kali ini mengutus empat atlet. Yakni Celsi Monika di cabor catur, dan tiga di cabor angkat berat yakni Eko Yuli Irawan, Triatno serta Edy Kurniawan. "Mudah-mudahan keikutsertaan atlet dari Kaltim ini bisa menyumbang medali,” harap Rizal.

BERMALAM

Ketika sampai di Jembatan Mahakam, obor yang dibawa Ade Septiani Rahayu diserahkan kepada Hamdiyah, mantan atlet panahan dan rombongan. Obor lalu diarak ke Kantor Gubernur di Jl Gadjah Mada. Turut dalam tim arakan adalah lima atlet nasional asal Kaltim: Muhammad Said (softball), Danang Wibisino (gulat), Ary Susanto (gulat), Badriansyah (gulat) dan Deddy Purnomo (panah). Obor diarak melewati rute Jl Bhayangkara, Jl Dr Sutomo, Jl Letjend Suprapto, Jl Pangeran Antasari, hingga akhirnya finis di Kantor Gubernur.

“Alhamdulillah akhirnya sampai juga ke Samarinda. Kita merasa terhormat disinggahi obor SEA Games. Kita dukung perjuangan atlet kita di SEA Games. Insya Allah Indonesia bisa juara umum lagi,” ujar Gubernur Awang Faroek ketika menerima obor.
Setelah itu obor diarak keliling kota Tepian sepanjang 10 km dengan dibawa lari oleh kelima atlet nasional tersebut dibantu oleh 30 pelari yang merupakan prajurit dari kesatuan Korem ASN.
Setelah diarak, obor SEA Games diserahkan ke Walikota Samarinda Syaharie Jaang guna disemayamkan selama satu malam di rumah jabatannya di Jalan S Parman. Kemudian pagi ini obor akan dibawa ke Balikpapan dan diterbangkan ke Jakarta. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar